Tajwid Surat Al-A’laa ayat 1-5

Tahsin Online menguraikan hukum tajwid per kata.

Pada artikel dibawah ini dibahas mengenai hukum tajwid surat Al A’laa ayat 1-5.

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّمْمٰنِ الرَّحِيْمِ

سَبِّحِ اسْمَ رَبِّكَ الْأعْلٰى (١)

سَبِّحِ اسْمَ رَبِّكَ الْأعْلٰى

Pada ayat yang pertama ada 2 hukum tajwid, yaitu alif lam qomariyah, tandanya dengan adanya alif lam dan tanda sukun. Yang kedua adalah mad ashli. Karena ada fatah berdiri, panjangnya adalah 1 alif atau 2 harakat.

اَلَّذِيْ خَلَقَ فَسَوّٰى (٢)

اَلَّذِيْ

Ini adalah mad ashli atau mad thobi’i, karena ada huruf ya di kasroh. Panjangnya adalah 1 alif atau harakat.

خَلَقَ فَسَوّٰى

Disini ada 1 hukum, yaitu mad ashli karena ada fatah berdiri. Dibaca dengan panjang 1 alif atau 2 harakat

وَالَّذِيْ قَدَّرَ فَهَدٰى (٣)

وَالَّذِيْ قَدَّرَ فَهَدٰى

Disini ada 1 hukum, yaitu mad thobi’i atau mad ashli, karena ada huruf ya di kasroh dan ada fatah berdiri. Panjangnya adalah 1 alif atau 2 harakat.

وَالَّذِيْۤ أَخْرَجَ الْمَرْعٰى (٤)

وَالَّذِيْۤ أَ

Ini adalah mad jaiz munfashil, karena ada mad ashli bertemu dengan huruf alif pada kata yang lain. Panjangnya bisa 2, 4 atau 6 harakat.

أَخْرَجَ الْمَرْعٰى

Disini ada 2 hukum, yaitu alif lam qomariyah dan mad ashli. Alif lam qomariyah ditandai dengan adanya alif lam dan tanda sukun. Sedangkan mad ashli karena ada fatah berdiri, panjangnya adalah 1 alif atau 2 harakat.

فَجَعَلَهٗ غُثَاۤءً أَحْوٰى (٥)

فَجَعَلَهٗ

Ini adalah mad shilah qoshiroh, karena ada ha dlomir berharakat dlommah terbalik. Panjangnya adalah 1 alif atau 2 harakat.

غُثَاۤءً

Ini adalah mad wajib muttashil, karena ada mad ashli bertemu dengan hamzah pada 1 kata. Panjangnya adalah 5 harakat.

ءً أَ

Ini adalah izh-har halqi, karena ada tanwin bertemu dengan alif.

أَحْوٰى

Ini adalah mad ashli atau mad thobi’i, karena ada fatah berdiri. Panjangnya adalah 1 alif atau 2 harakat.

Demikianlah hukum tajwid surat Al A’la ayat 1-5.

youtube image

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Adblock Detected

To Continue Video Access. Please open via Chrome browser