Tajwid surat Hud ayat 5

Assalaamu’alaikum, Hallo Sobat Tahsin.ID pada artikel ini akan diuraikan hukum tajwid surat Hud ayat 5.

Hud adalah nama surat dalam Kitab Suci Al Quran urutan nomor ke 11 setelah surat Yunus.

Surat Hud terdiri dari 123 ayat, termasuk kedalam surat Makkiyah, sebab diturunkan di kota Mekkah.

tajwid-surat-Hud-ayat-5
tajwid-surat-Hud-ayat-5

Bacaan surat Hud ayat 5 dan artinya

اَعُوْذُ بِاللّٰهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحمٰنِ الرَّحِيْمِ

اَ لَاۤ اِنَّهُمْ يَثْنُوْنَ صُدُوْرَهُمْ لِيَسْتَخْفُوْا مِنْهُ ۗ اَ لَا حِيْنَ يَسْتَغْشُوْنَ ثِيَا بَهُمْ ۙ يَعْلَمُ مَا يُسِرُّوْنَ وَمَا يُعْلِنُوْنَ ۚ اِنَّهٗ عَلِيْمٌ بِۢذَا تِ الصُّدُوْرِ

alaaa innahum yasnuuna shuduurohum liyastakhfuu min-h, alaa hiina yastaghsyuuna siyaabahum ya’lamu maa yusirruuna wa maa yu’linuun, innahuu ‘aliimum bizaatish-shuduur

“Ingatlah, sesungguhnya mereka (orang-orang munafik) memalingkan dada untuk menyembunyikan diri dari dia (Muhammad). Ingatlah, ketika mereka menyelimuti dirinya dengan kain, Allah mengetahui apa yang mereka sembunyikan dan apa yang mereka nyatakan, sungguh, Allah Maha Mengetahui (segala) isi hati.” (QS. Hud 11: Ayat 5.)

Mad jaiz munfashil

اَ لَاۤ اِنَّهُمْ يَثْنُوْنَ 

Hukum tajwid pada kalimat diatas adalah:

  1. Mad jaiz munfashil, sebab mad ashli (mad thabi’i), yaitu huruf Alif mati setelah fathah menghadapi huruf hamzah pada lain kata. Panjang mad jaiz munfashil antara 2-5 harakat.
  2. Ghunnah, sebab huruf Nun ditasydid. Cara membaca ghunnah yaitu huruf nun dibaca dengung ditahan antara 2-3 harakat.
  3. Idzhar syafawi, sebab Mim mati menghadapi huruf Ya. Cara membaca idzhar syafawi yaitu huruf mim mati dibaca jelas (tidak dengung).
  4. Mad thabi’i (mad ashli), sebab huruf wawu mati setelah dlommah. Panjang mad thabi’i yaitu 1 alif (dua harakat).

“Hukum Mim Mati”

Idzhar syafawi

صُدُوْرَهُمْ لِيَسْتَخْفُوْا 

Hukum tajwid pada kalimat diatas adalah:

  1. Mad thabi’i (mad ashli), sebab huruf wawu mati setelah dlommah.
  2. Huruf Ra dibaca tafkhim (tebal), sebab berharakat fathah.
  3. Idzhar syafawi, sebab Mim mati menghadapi huruf Lam.

Idzhar halqi

مِنْهُ ۗ 

Hukum tajwid pada kata diatas adalah Idzhar halqi, sebab nun mati menghadapi huruf HA.

“Pengertian Mad Asli”

Mad thabi’i

اَ لَا حِيْنَ يَسْتَغْشُوْنَ ثِيَا بَهُمْ ۙ 

Hukum tajwid pada kalimat diatas adalah Mad thabi’i (mad ashli), sebab:

  1. Huruf alif mati setelah fathah.
  2. Huruf ya mati setelah kasrah.
  3. Huruf wawu mati setelah dlommah.

يَعْلَمُ مَا يُسِرُّوْنَ وَمَا يُعْلِنُوْنَ ۚ 

Hukum tajwid pada kalimat diatas adalah:

  1. Mad thabi’i (mad ashli), sebab huruf alif mati setelah fathah dan huruf wawu mati setelah dlommah.
  2. Mad ‘aridl lissukun (bila dibaca waqaf), sebab mad thabi’i (Wawu mati setelah dlommah) menghadapi huruf hidup lalu dibaca waqaf.

Mad shilah qashirah

اِنَّهٗ 

Hukum tajwid pada kata diatas adalah:

  1. Ghunnah, sebab huruf Nun ditasydid.
  2. Mad shilah qashirah, sebab Ha dlomir berharakat dlommah terbalik dan tidak menghadapi huruf mad dan tidak disambung ke huruf didepannya. Huruf sebelumnya berharakat. Panjang mad shilah qashirah adalah 1 alif (dua harakat).

“Contoh Iqlab”

Iqlab

عَلِيْمٌ بِۢذَا تِ 

Hukum tajwid pada kata diatas adalah:

  1. Mad thabi’i (mad ashli), sebab huruf ya mati setelah kasrah dan huruf alif mati setelah fathah.
  2. Iqlab, sebab tanwin dlommah menghadapi huruf Ba. Tandanya ada mim kecil, cara membaca Iqlab yaitu bunyi nun mati atau tanwin diganti menjadi mim lalu bacaannya didengungkan.

Alif lam syamsiyah

الصُّدُوْرِ

Hukum tajwid pada kata diatas adalah:

  1. Alif lam syamsiyah, sebab alif lam menghadapi huruf Shad, tandanya ada tasydid. Cara membaca alif lam syamsiyah yaitu huruf lam diidghamkan (dimasukkan) kedalam huruf yang ada didepannya, jadi bunyi huruf lam tidak tampak.
  2. Mad ‘aridl lissukun (bila dibaca waqaf), sebab mad thabi’i (Wawu mati setelah dlommah) menghadapi huruf hidup lalu dibaca waqaf. Panjang mad ‘aridl lissukun adalah 2, 4 atau 6 harakat.

Demikianlah uraian hukum tajwid surat Hud ayat 5 semoga bermanfaat.

Leave a Comment