Tips ngeblog dapat visitor organik

Dunia blogging adalah kegiatan menulis artikel berupa pengalaman pribadi, puisi, tutorial, cerita pendek, tips dan trik pada sebuah halaman website pribadi. Sebuah website pribadi dapat kamu buat menggunakan platform blogspot dan wordpress. Kedua platform tersebut gratis. Bagi kamu yang belum mempunyai blog silakan buat terlebih dahulu, panduannya silahkan baca cara membuat blog untuk pemula. Mempunyai sebuah halaman website pribadi sangat bermanfaat dan memberikan keuntungan di kemudian hari, selain bisa mengembangkan bakat menulis juga dapat menghasilkan pendapatan melalui iklan. Pada artikel ini admin Tahsin.id akan membagikan tips ngeblog mendapatkan visitor organik.

tips ngeblog dapat visitor organik
visitor organik

Apa itu visitor organik?

Visitor organik adalah pengunjung blog, yaitu manusia yang berasal dari mesin pencari langsung seperti Google, Yahoo, Bing, Yandex, dan lain sebagainya. Bukan berasal dari share artikel di media sosial misalnya Facebook atau Whatsapp.

Tentukan Niche Blog

Bagi kamu yang tertarik dengan dunia blogging, sebelum membuat blog tentukan terlebih dahulu Niche atau tema dari blog yang akan kamu kelola, misalnya Niche tentang teknologi, blogging, tips dan trik, atau pendidikan, kenapa kita perlu menentukan Niche sebuah blog? Agar di kemudian hari kita tidak kehabisan bahan artikel. Dengan pengetahuan yang dikuasai proses penulisan artikel akan mengalir seperti air.

Baca juga:

Cara mendaftarkan blog di google search console

Setelah kamu mempunyai sebuah blog bagaimana agar artikel kita mampu mendatangkan pengunjung organik ? Setelah menulis artikel, tidak serta-merta dapat langsung muncul di google, tetapi harus didaftarkan terlebih dahulu.

Yang harus kamu lakukan supaya blog muncul di mesin pencarian Google, pertama-tama yang harus dilakukan adalah mendaftarkan blog melalui Google Search Console atau Google webmaster.

Cara mendaftarkan Google melalui Google search console

Silahkan tonton video dibawah ini hingga selesai.

youtube image

Setelah melakukan pendaftaran blog ke Google Search Console, selanjutnya adalah mendaftarkan artikel atau submit melalui Google Search Console. Cara ini harus dilakukan supaya artikel yang sudah kita buat akan muncul pada mesin pencarian google.

Cara submit artikel di Google Search Console

Submit artikel atau mendaftarkan artikel blog pada Google Search Console dapat kamu lihat pada video dibawah ini. Silahkan ditonton hingga selesai, dan jangan lupa like & subscribe nya ya…..

youtube image

Setelah berhasil submit artikel, tunggu beberapa menit agar google merayapi url artikel kita. Bila beruntung, maka artikel kita akan muncul pada halaman pertama mesin pencari.

Cara agar blog mendapatkan visitor organik

  • Buatlah artikel menarik dan bermanfaat
  • Usahakan hasil karya sendiri
  • Submit artikel ke Google Search Console
  • Share artikel melalui media sosial
  • Tambahkan tagar (#) dalam share artikel

          Artikel menarik dan bermanfaat

          Setiap orang mencari di google penelusuran pasti menginginkan sesuatu yang bermanfaat sesuai dengan keinginan mereka. Nah kita sebagai blogger harus pandai membidik visitor blog, caranya lihat di medsos apa saja yang lagi viral. Buatlah kata kunci yang dapat menarik pengunjung blog, olah sedemikian rupa kata kunci sedemikan rupa sehingga menjadi daya tarik bagi pembaca. Alur artikel gunakan bahasa kamu sendiri, mengalir bagaikan air di sungai sehingga akan enak dibaca.

          Buat artikel yang original

          Artikel yang asli hasil karya sendiri merupakan anjuran google, jangan coba-coba copas atau menggunakan software untuk menulis ulang artikel orang lain, karena selain tidak berkah, merugikan pihak lain, juga robot pencari google dapat membedakan mana artikel asli dan hasil copas.

          Submit arikel ke webmaster

          Proses ini sudah dijelaskan pada video tadi, jadi cukup jelas ya…

          Share artikel ke media sosial

          Setelah artikel selesai di-publish dan disubmit di webmaster, langkah selanjutnya adalah membagikannya ke media sosial. Disini saya sarankan share artikel melalui Twitter dan Facebook, tetapi khusus untuk Facebook jangan terlalu sering membagikan link artikel. Alasannya akan dianggap spam dan berujung pada pemblokiran akun blog kita.

          Tambahkan tanda pagar (#)

          Ketika membagikan artikel melalui medsos tadi, lengkapi dengan kata-kata menarik, supaya pembaca penasaran untuk meng-klik tautan yang kita bagikan. Jangan lupa tambahkan tanda pagar (#) yang mengarah ke isi artikel, cari tagar yang lagi trending sesuai dengan artikel. Setelah cocok baru share ke publik melalui akun media sosial kita.

          Penutup

          Pada saat artikel ini dibuat, dunia sedang dilanda sebuah wabah virus yang sangat berbahaya, hal ini mengakibatkan seluruh negara menerapkan kebijakan #dirumahaja , situasi ini dimanfaatkan oleh influencer termasuk blogger seperti saya untuk tetap eksis membuatartikel yang bermanfaat.

          Itulah salah satu tips ngeblog dapat visitor organik, semoga bermanfaat dan tetap eksis ngeblog dan menulis artikel berkualitas.

          Leave a Reply

          Your email address will not be published. Required fields are marked *

          Adblock Detected

          To Continue Video Access. Please open via Chrome browser